Pengguna dan Pengembang Sistem
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
“Pengguna
dan Pengembang Sistem”
Dukungan
Sistem Informasi bagi Organisasi
Sistem Informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan
organisasi, eksekutif, dan area bisnis. SIM
dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan.
Sumber Daya Informasi
Sumber daya informasi terdiri atas peranti keras komputer,
peranti lunak komputer, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, basis data
dan informasi. Sumber daya informasi yang terdapat di area-area pengguna adalah
tanggung jawab dari para manajer area pengguna.
Spesialis
Informasi
Spesialis informasi
meliputi :
1. Analisis
sistem
Orang
yang ahli dalam mendefinisikan masalah dan dalam membuat dokumentasi tertulis
mengenai bagaimana komputer akan membantu menyelesaikan masalah-masalah
tersebut.
2. Programer
Programer menggunakan dokumentasi yang dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Beberapa perusahaan menggabungkan fungsi sistem analis dan programer, meciptakan suatu posisi analis programer.
Programer menggunakan dokumentasi yang dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Beberapa perusahaan menggabungkan fungsi sistem analis dan programer, meciptakan suatu posisi analis programer.
3. Operator
Operator
menjalankan peralatan komputasi berskala besar, seperti komputer mainframe dan
server, yang biasanya berlokasi dalam fasilitas komputasi perusahaan. Operator
akan memonitor konsol, mengganti kertas printer, mengelola perpustakaan pita
dan disk penyimpanan data, serta melakukan tugas-tugas lain yang serupa.
4. Administrator
basis data
Seorang spesialis informasi yang
bertanggung jawab atas basis data disebut sebagai administrator basis data (database administration – DBA).
Tugas DBA dalam empat area
utama yaitu:
a. Perencanaan
b. Implementasi
c. Operasi
d. Keamanan
a. Perencanaan
b. Implementasi
c. Operasi
d. Keamanan
5.
Spesialis jaringan
Spesialis jaringan bekerja
dengan analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang
menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Spesialis jaringan akan
menggabungkan keahlian dari bidang-bidang komputasi maupun telekomunikasi.
Memelihara jaringan yang memenuhi persyaratan untuk aplikasi-aplikasi berbasis
Web adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, karena sebagian besar
komunikasi terjadi diluar batasan perusahaan.
6.
Webmaster
Webmaster
bertanggung jawab atas isi dan penyajian situs Web perusahaan. Webmaster harus
bekerja sama dengan spesialis jaringan untuk memastikan bahwa jaringan
komunikasi antara perusahaan dan pelanggan dan atau sekutu bisnisnya selalu
terbuka. Webmaster biasanya memiliki keahlian dalam manipulasi atau perancangan
grafik. Webmaster bertanggung
jawab dalam membuat gambar-gambar yang tersedia tetap konsisten dan saling
mendukung dalam seluruh halaman situs Web.
Struktur
Organisasi Layanan Informasi
Spesialis
informasi dalam layanan informasi dapat diorganisasikan menurut berbagai macam
cara. Unit-unit organisasional yang pertama disentralisasikan di dalam
perusahaan, dengan hampir seluruh sumber daya informasi berlokasi di unit IT.
Tren
dari struktur tersentralisasi ke Desentralisasi
Struktur khusus seperti ini
disesuaikan dengan siklus hidup sistem. Perusahaan telah menugaskan beberapa
orang analis sistem dan programer untuk mengembangkan sistem-sistem baru
dan beberapa orang analis sistem serta
programer lainnya untuk memelihara sistem-sistem yang sudah ada. Masing-masing
kelompok dipimpin oleh seorang manajer. Unit-unit operasi, administrasi basis
data, dan jaringan akan memberikan kontribusi bagi pengembangan maupun
pemeliharaan.
Stuktur Organisasi Inovatif
Perusahaan-perusahaan besar berusaha untuk mencapai
suatu struktur organisasi yang “terdesentralisasi secara central”.
Hal ini dicapai dengan memberikan wewenang kepada
unit IS korporat untuk mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan
infrastruktur IT, dan wewenang kepada area-area bisnis untuk mengambil
keputusan mengenai penggunaan IT secara strategis di area-area masing-masing.
Struktur ini memiliki kesulitan karena dua alasan
seperti :
1. IT kini memainkan peranan yang lebih besar di
perusahaan daripada di masa lalu.
2. Perubahan teknologi yang pesat menuntut agar
struktur memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan pengetahuan dan
keahlian informasi bagi pengguna sistem maupun pengembang, sekaligus
memanfaatkan segala jenis sumber daya informasi yang tersedia dari vendor dan
konsultan.
Sebagai
respons atas kebutuhan, para peneliti SIM mengidentifikasikan tiga Struktur
Inovatif yaitu :
1. Model Sekutu (partner model)
2. Model platform (platform model)
3. Model terskala (scalable model).
1. Model Sekutu (partner model)
2. Model platform (platform model)
3. Model terskala (scalable model).
Cara pandang inovatif terhadap struktur
organisasi menyadari bahwa fungsi IT bukanlah suatu unit berdiri sendiri yang
menyimpan seluruh sumber daya informasi dan memberikan semua sistem informasi
kepada para pengguna.
Hal yang perlu bahwa,
1- IT berinteraksi dengan pengguna
maupun vendor
2- Tanggung jawab atas fungsi-fungsi tertentu dialokasikan kepada
spesialis-spesialis seperti pejabat informasi divisional dan manajer rekening.
Komputasi Pengguna Akhir
Pengguna akhir merupakan
kata yang sinonim dengan pengguna; pengguna menggunakan produk akhir dari suatu
sistem berbasis komputer.
Ø Komputasi pengguna akhir timbul disebabkan oleh
empat pengaruh utama, yaitu:
a)
Dampak pendidikan
komputer
b)
Antrian
layanan informasi
c)
Murahnya
peranti keras
d)
Peranti lunak
siap pakai
Pengguna akhir tidak perlu bertanggung jawab penuh
atas pengembangan sistem, namun harus menanggung sebagian tanggung jawab
tersebut. Dalam banyak kasus, pengguna akan bekerja sama dengan spesialis
informasi dalam mengembangkan sistem.
Pengguna
Sebagai Suatu Sumber Daya Informasi
Pengguna dari sistem
informasi perusahaan adalah sumber daya informasi penting yang dapat memberikan
satu kontribusi nyata dalam mencapai sasaran strategis dan meraih keunggulan
kompetetif.
Keuntungan
Komputasi Pengguna Akhir
- Menyamakan kemampuan dan tantangan
- Mempersempit jarak komunikasi
Risiko
Komputasi Pengguna Akhir
- Sasaran sistem yang buruk
- Sistem yang dirancang dan
didokumentasikan dengan buruk
- Penggunaan sumber daya informasi yang
tidak efisien
- Hilangnya integritas data
- Hilanggnya keamanan
- Hilangnya kendali.
Kriteria
Pendidikan, Pengetahuan, dan Keahlian yang Dibutuhkan untuk Karier di Bidang
Layanan Informasi
Pengembangan sistem informasi membutuhkan pengetahuan
dan keahlian tertentu. Spesialis informasi menerapkan pengetahuan dan keahlian
secara kontinu. Pengguna menerapkannya ketika mereka pernah ikut terlibat dalam
komputasi pengguna akhir.
Pengetahuan Pengembangan Sistem
ü Pengetahuan adalah sesuatu yang dapat dipelajari, baik
itu melalui mata kuliah normal maupun melalui upaya sendiri.
ü Pengetahuan komputer (computer literacy)
ü Pengetahuan informasi (information literacy)
ü Dasar-dasar bisnis (systems
theory)
Keahlian Pengembangan Sistem
ü Keahlian komunikasi (communications skills)
ü Kemampuan analisis (analytical ability)
ü Kreativitas (creativity)
ü Kepemimpinan (leadership)
Mengelola Pengetahuan Yang
Ditunjukkan Oleh Sumber Daya Informasi Perusahaan
Beberapa sumber daya yang mencerminkan
gudang-gudang penyimpanan
pengetahuan yang berharga, yaitu:
- Peranti
keras
- Peranti
lunak
- Spesialis
informasi
- Pengguna
- Fasilitas
- Basis
data
- Informasi
Otomatisasi Kantor
a. Otomatisasi kantor (office automation) adalah penerapan otomatisasi, seperti teknologi
komputer pada pekerjaan kantor.
b. OA meliputi seluruh sistem elektronik formal maupun
informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi informasi ke dan dari
orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
Satu keunggulan OA adalah adanya fakta bahwa ia
memberikan sambungan komunikasi bagi orang-orang di dalam dan di luar
perusahaan untuk saling berkomunikasi satu sama lain.
Pergeseran dari Pemecahan
Masalah Administratif ke Manajerial
Contoh-contoh aplikasi OA, antara lain:
- Pengolah
kata;
- E-mail;
- Faks;
dan
- Penanggalan
elektronik.
Kantor Maya
- Konsep
kantor maya (virtual office)
mengakui bahwa pekerjaan kantor dapat dilakukan hampir di semua lokasi
geografis selama tempat kerja tersebut terhubung dengan satu atau lebih
lokasi tetap perusahaan oleh suatu jenis kemampuan komunikasi elektronik.
- Konsep
ini dimulai dengan telecommunicating, lalu disempurnakan untuk menciptakan
suatu fasilitas kantor yang disebut hoteling.
Telecommunicating
Keuntungan
|
Kerugian
|
Fleksibilitas
|
Bersifat isolasi
|
Memudahkan
dalam berkomunikasi
|
Kekhawatiran akan kehilangan
pekerjaan/terganggunya karir
|
|
Meningkatnya ketegangan keluarga
|
Hoteling
Ø Keuntungan hoteling adalah pemanfaatan sumber daya dan
ruangan yang lebih efektif dan fokus yang lebih baik pada apa yang dibutuhkan
untuk mendukung personel kantor.
Ø Risiko hoteling adalah meliputi anggapan akan
hilangnya “bonus” oleh para karyawan yang tidak lagi memiliki ruangan kantor
pribadi, hilangnya persaan berada dalam suatu komunitas, dan potensi dampak
negatif pada budaya korporat.
Keuntungan dan Kerugian Kantor
Maya
Telecommunicating dan hoteling memungkinkan adanya
kantor maya. Kantor maya mampu
mengatasi kendala kendala fisik dari suatu tempat kerja dengan peranti
elektronik sehingga memungkinkan
diperolehnya beberapa potensi keuntungan nyata dan akan timbul beberapa
dampak negatif dalam sebuah
perusahaan yang berkomitmen untuk menjalankan strategi kantor maya.
Keuntungan
|
Kerugian
|
Biaya fasilitas yang lebih
rendah
|
Moral yang rendah
|
Biaya peralatan yang lebih rendah
|
|
Berkurangnya penghentian
pekerjaan
|
Kekhawatiran akan risiko keamanan
|
Kontribusi sosial
|
|
Organisasi Maya
Keberhasilan kantor maya memicu para visioner untuk
melihat bagaimana kantor maya dapat diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan
perusahaan-sebuah organisasi maya. Di sebuah organisasi maya (virtual organization),
operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi tidak
terikat pada lokasi-lokasi fisik.
Dampak Sosial Organisasi Maya
Industri-industri yang paing tertarik pada konsep
kantor maya dan organisasi maya adalah industri yang memberikan nilai tambah
dalam bentuk informasi, ide, dan kecerdasan atau biasa disebut dengan istilah
Ekonomi Tiga I (Three I Economy). Istilah tersebut diberikan untuk menjabarkan
industri-industri dalam bidang pendidikan, perawatan kesehatan, hiburan,
perjalanan, olahraga, dan konsultasi.
Menempatkan Pengguna Sistem dan
Spesialis Informasi pada Perspektif
Unsur manusia terus menjadi masalah salah satu bahan
paling penting dalam pengembangan dan penggunaan sistem informasi. Para pemain
utama adalah pengguna dan spesialis informasi. Kedua kelompok tersebut
membentuk tim pengembangan.
SUMBER
McLeod, R & Schell, G.2012.Sistem Informasi
Manajemen. Jakarta:Salemba Empat.
Lucky Chances, Tips, and Odds to Win at Chumba Casino - Mapy
BalasHapusLucky 과천 출장샵 Chances, Tips, and Odds 충청북도 출장샵 to Win at Chumba Casino. A FREE 경주 출장마사지 guide to the 영주 출장샵 best odds at Chumba Casino. 경산 출장안마